Penyakit Sakit Kepala Vertigo

Penyakit sakit kepala vertigo bukanlah suatu penyakit melainkan gejala dari sebuah penyakit. Vertigo dapat adalah salah satu bentuk gangguan keseimbangan dalam telinga bagian dalam sehingga menyebabkan penderita merasa pusing dalam artian keadaan atau ruang di sekelilingnya menjadi serasa ‘berputar’ ataupun melayang. Penyebab vertigo bisa bermacam-macam. Yang dimaksud dengan vertigo adalah perasaan berputar atau bergoyang sebagai akibat terganggunya keseimbangan.

Penyakit sakit kepala vertigo dapat terjadi karena penyebab otologik, neurologik, psikologik, atau iatrogenik. Penyakit vertigo terjadi mendadak dan dapat berlangsung selama beberapa jam. Sering disertai mual, muntah dan nyeri kepala, telinga berdenging, dan pendengaran yang bekurang. Kelainan auditorik sering mendahului vertigo. Vertigo yang berkaitan dengan nueroma akustik biasanya ringan.

penyakit-vertigo

Gejala yang biasanya ditimbulkan dari penyakit sakit kepala vertigo adalah keadaa pusing yang luar biasa. Penderita merasakan sekelilingnya seakan-akan berputar-putar, Keadaan pusing ibarat bumi terombang-ambing ini disebabkan oleh gangguan keseimbangan yang berpusat diarea labirin atau rumag siput di daerah telinga. Mual-mual yang dirasakan hingga ingin muntah.

Kelainan pada vertigo terjadi karena gangguan keseimbangan baik sentral atau perifer, kelainan pada telinga yang sering menyebabkan penyakit sakit kepala vertigo. Untuk menentukan kelainan yang menyebabkan vertigo, dokter THT-KL biasanya akan melakukan pemeriksaan dengan ENG (elektronistagmografi).

Cara mengobati vertigo adalah dengan beberapa tips dibawah ini :

  • Tarik napas anda dalam-dalam, lalu pejamkan mata, dan segera mencari posisi yang memungkinkan Anda berbaring. Jika tidak memungkinkan, maka segera duduk.
  • Jika merasa mual dan ingin muntah, segera mencari bantuan orang-orang di dekat Anda untuk membantu ke toilet atau menyiapkan wadah khusus.
  • Ketika Anda berbaring, usahakan pertahankan posisi tersebut hingga serangan vertigo itu menghilang.
  • Buka mata perlahan-lahan, coba miringkan badan dan gerakkan kepala perlahan. Jika dengan tindakan ini vertigo masih belum reda, berarti Anda harus segera dipejamkan atau kembali ke posisi semula.
  • Pengobatan medis untuk vertigo tergsntung penyebanya misalnya dengan tes pendengaran CT Scan, hingga pemeriksaan angiogram apabila didiagnosisi ada sumbatan pembuluh darah ke otak.
  • Obat untuk mengurangi vertigo ringan adalah mekzilin, dimenhidrinat, perfenazin, dan skopolamin. Semua obat tersebut bisa menimbulkan kantuk.
  • Segera perikskakan ke dokterm untuk menentukan terapi apa yang tepat untuk menyembuhkan vertigo.

Penyakit sakit kepala vertigo terbagi dalam beberapa jenis namun yang paling umum hanya dibagi menjadi 2 yaitu vertigi direk/ vestibuler dan vertigo indirek/ non vestibuler.

– Vertigo direk/ vestibuler memiliki karateristik lesi di bagian dari apparatus seperti organ vestibuler. Pasien yang menderita penyakit sakit kepala vertigi merasa sekitarnya berputar dan naik turun seperti sedang berada di atas kapal. Vertigo jenis ini sering diikuti dengan gejala otonom seperti nausea dan muntah-muntah serta nistagmus. Lesi vestibuler juga ada yang di bagian sentral contohnya lesi pada nukleus vestibuler di batang otak. Lesi sentral vestibuler juga bisa menyebabkan vertigo direk, akan tetapi secara umum lebih ringan dibandingkan lesi perifer. Gejala otonom juga cenderung lebih minim atau bahkan tidak ada

– Vertigo indirek/ non vestibuler Vertigo nonvestibuler seringkali sulit dideskripsikan secara jelas oleh pasien. Pasien biasanya mengeluhkan rasa pusing, kekosongan di kepala, dan gelap pada mata. Kondisi oscillopsia dan gejala otonom tidak pernah ditemukan. Lesi pada bagian saraf pusat dapat menyebabkan nistagmus patologis Vertigo nonvestibuler bisa disebabkan lesi pada bagian nonvestibuler dari sistem regulator keseimbangan atau bisa juga disebabkan kesalahan proses informasi di sistem saraf pusat(misal karena lesi cerebelar). Hipotensi ortostatik dan stenosis aorta dapat menjadi penyebab vertigo nonvestibuler.

Jenis penyakit sakit kepala vertigo lainnya seperti:

– Vestibulopathy perifer akut (neuritis vestibular) yang merupakan jenis pemnyakit sakit kepala vertigo epidem dan dapat mempengaruhi beberapa anggota keluarga yang sama sekaligus. Penyakit ini lebih sering ditemukan pada musim semi atau awal musim panas. Faktor-faktor resiko yang disebabkan dari penyakit ini dengan adanya menunjukkan bahwa penyakit ini merupakan infeksi virus dan studi patologis menunjukkan atrofi dari satu atau lebih dari batang saraf vestibular, yang paling sesuai dengan proses infeksi atau pascainfeksi

– Migrain adalah salah satu jenis vertigo yang disebabkan karena Vasospasme atau cacat metabolik yang diturunkan. dan Insufisiensi Vertebrobasilar yang biasanya disebabkan oleh aterosklerosis pada arteri subklavia, tulang belakang, dan basilar. Vertigo juga umum dihubungkan dengan infark batang otak lateral atau otak kecil.

Pengobatan Penyakit Sakit Kepala Vertigo.

Cara mengobati vertigo tergantung kepada penyebab yang ditimbulkan dari penyakit sakit kepala vertigo itu sendiri. Obat yang dapat digunakan untuk mengurangi rasa vertigo yang ringan adalah meklizin, dimenhidrinat, perfenazin dan skopolamin. Skopolamin terutama adalah obat yang berfungsi untuk mencegah motion sickness, yang terdapat dalam bentuk plester kulit dengan lama kerja selama beberapa hari. Semua obat di atas bisa menyebabkan kantuk, terutama pada penderita vertigo yang usianya sudah lanjut. Skopolamin adalah jenis obat yang digunakan untuk cara mengobati vertigo dalam bentuk plester menimbulkan efek kantuk yang paling sedikit.

Untuk anda yang sudah merasakan adanya gejala vertigo dan sudah mengetahui apa penyebabnya, segera lakukan pemeriksaan untuk cara mengobati vertigo yang anda derita.


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengatasi Penyakit Vertigo dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Cara Mengobati Vertigo and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *